BUNUH DIRI ADALAH DOSA

oleh Tony Alamo

Seorang wanita muda memohon pada ibunya agar memperbolehkan ia tinggal di gereja kami karena ia begitu mengasihi SANG PENCIPTA dan mencintai gereja. Saat itu ia berusia tiga belas tahun. Kakak lelakinya telah tinggal di gereja selama delapan tahun pada waktu itu. Ia biasanya berkunjung selama musim panas. Nama kakak lelakinya adalah Ed Mick. Ia pernah menjadi pengedar obat besar di Hollywood, California, sebelum Sue dan saya memenangkannya untuk SANG PENCIPTA.

Suatu hari Ed menerima panggilan telepon dari rumah sakit karena ibunya diduga telah membuat ayahnya kehilangan akal sehat, menyebabkan ayahnya menembak kepalanya sendiri. Ayahnya telah bunuh diri. Perawat di ujung telepon yang satunya berkata, “Masa hidup bapak Anda telah berakhir.”

Ibunya juga menolak mengijinkan putrinya untuk tinggal di gereja kami, meskipun kami telah memperingatkan tentang kemungkinan putrinya bunuh diri, ia menembak kepalanya sendiri. Ia bunuh diri karena ia merasa sangat tertekan selama tinggal bersama ibunya di Blytheville, Arkansas. Ia tidak mati seketika. Ia berada di RS Memphis, sehingga Sue dan saya mengatur agar kakaknya, Ed Mick mengunjunginya sebelum ia meninggal. Sue dan saya meninggalkan Nashville dan juga berada di sana di rumah sakit. Pihak RS tidak mengijinkan Sue dan saya untuk masuk ke kamarnya karena kami bukan saudara dekatnya, namun mereka mengijinkan kakaknya ke dalam. Ia ceritakan pada kami bagaimana air mata turun mengaliri  wajah adiknya. Tiba-tiba, ia terbangkit duduk, dengan sebuah senyum lebar di wajahnya dan kedua tangannya diangkat. Lalu ia jatuh kembali ke ranjang dan meninggal.

Wanita muda ini bunuh diri dikarenakan ibunya tidak mengijinkan ia melayani SANG PENCIPTA. Dalam kasus seperti ini, SANG PENCIPTA jelas mengasihani ia dan mengijinkannya ke dalam Surga. Jika tidak, ia tidak akan memiliki senyum di wajahnya saat SANG PENCIPTA datang menjemputnya. Meskipun begitu, ini tidaklah terjadi pada kebanyakan kasus bunuh diri. Wanita muda ini jelas sedang bertobat atau air mata tidak akan turun mengaliri wajahnya. Kakak lelakinya mulai berbicara dengannya, namun SANG PENCIPTA menghentikannya segera, sehingga SANG PENCIPTA dengan jelas memberitahu keburukan perbuatan yang telah ia lakukan. Ia telah menjadi seorang pembunuh--pembunuh dirinya sendiri. Kita tidak memiliki diri kita. YESUS membeli kita dengan darah-NYA!1 Jika YESUS memiliki sesuatu, itu adalah milik-NYA, dan Anda tidak berhak mengambilnya atau membunuhnya.

Beberapa tahun kemudian, kakaknya Ed juga melakukan bunuh diri. Setan bunuh diri telah merajalela dalam keluarga ini. Mereka menyalahkan ibunya, namun setiap orang yang bunuh diri akan menghadapi penghakiman atas perbuatan mereka.2

Ibrani 9:26-28 berkata, “Sebab jika demikian IA (YESUS) harus berulang-ulang menderita sejak dunia ini dijadikan. Tetapi sekarang Ia hanya satu kali saja menyatakan diri-NYA, pada zaman akhir untuk menghapuskan dosa oleh korban-NYA. Dan sama seperti manusia ditetapkan untuk mati hanya satu kali saja, dan sesudah itu dihakimi: Demikian pula KRISTUS hanya satu kali saja mengorbankan diri-NYA untuk menanggung dosa banyak orang. Sesudah itu Ia akan menyatakan diri-NYA sekali lagi tanpa menanggung dosa untuk menganugerahkan keselamatan kepada mereka, yang menantikan Dia.” Ayah Ed Mick adalah seorang perwira polisi di Blytheville, Arkansas, yang hanya beberapa jam dari Nashville, Tennessee. Kasusnya dan kasus Ed Mick sangat berbeda dari kasus wanita muda ini. Ed telah meninggalkan SANG PENCIPTA. Ia menjadi seorang pencuri dan penzinah. Ia lebih mungkin melakukan bunuh diri karena keputusasaan. Kasus yang kemungkinan sama dengan ayahnya, dikarenakan istrinya.

Di tahun 1964, SANG PENCIPTA memanggil saya ke dalam gereja ini untuk memberitahu dunia bahwa YESUS akan kembali ke dunia segera. Di tahun 1964, saya tahu bahwa ada beberapa hal yang tidak benar, namun saya tidak pernah mendengar siapapun mengabarkan bahwa YESUS KRISTUS akan kembali lagi ke bumi.

Setelah pengalaman rohani saya dengan SANG PENCIPTA, SANG PENCIPTA secara ajaib menempatkan Susie dan saya bersama. Kami telah membombardir bumi dengan pesan itu hingga pada titik di mana setiap orang sepertinya percaya TUHAN YESUS akan kembali ke bumi lagi. Ini adalah masa-masa akhir, dan seluruh dunia sepertinya mengetahui ini! Dunia ini penuh dengan keputusasaan karena kita hidup pada waktu yang YESUS sebut “permulaan penderitaan” (Matius 24:8). Ini terjadi saat sebelum masa kekacauan besar yang disinggung dalam Matius pasal 24 dan kitab Wahyu.

Banyak orang melakukan bunuh diri akhir-akhir ini. Ini merupakan wabah. Orang-orang percaya bahwa mereka sedang mengalami masa sulit, dan banyak dari kita sedang mengalami masa sulit. Banyak yang percaya bahwa tidak ada masa depan di bumi ini karena bumi ini dikutuk dan akan terbakar.3

II Petrus 3:10-12 berkata, “Tetapi hari TUHAN akan tiba seperti pencuri. Pada hari itu langit akan lenyap dengan gemuruh yang dahsyat dan unsur-unsur dunia akan hangus dalam nyala api, dan bumi dan segala yang ada di atasnya akan hilang lenyap. Karena semuanya itu akan dihancurkan dengan cara yang demikian, bagaimanakah seharusnya kalian hidup? Kalian harus hidup suci dan khusus untuk SANG PENCIPTA. Selama kalian menantikan dan merindukan tibanya Hari SANG PENCIPTA. Pada Hari itu langit akan habis terbakar, dan karena panasnya, maka benda-benda di langit akan mencair?”

Ada miliaran orang di dunia yang mengalami kesulitan yang hebat karena unsur dari kejahatan dan kegelapan. Mereka hidup dalam keputusasaan. Mereka berdoa agar diperbolehkan untuk mati. Banyak yang bunuh diri, dan mungkin banyak lainnya yang sedang mempertimbangkan untuk bunuh diri, namun FIRMAN SANG PENCIPTA, KRISTUS, memberitahu kita bahwa IA mati dan menumpahkan darah-NYA bagi kita.4 Darah-NYA adalah harga dengan apa IA telah membeli kita. Apakah Anda menyangkal hal ini seperti miliaran orang yang lain? Jika Neraka tidak terlalu buruk, untuk apa SANG PENCIPTA turun ke bumi sebagai manusia, menjalani kehidupan yang sempurna tanpa dosa, dan menderita kematian yang paling kejam bagi kita, agar jika kita percaya kepada-NYA, kita tidak perlu ke Neraka?5 KRISTUS pergi ke Neraka bagi kita.6

SANG PENCIPTA tidak hanya memberitahu saya bahwa YESUS akan kembali ke bumi lagi. Pesan itu datang dengan mimpi dan penglihatan akan Surga dan Neraka. Orang-orang berkata, “Bagaimana Anda tahu ada Neraka saat tidak ada seorangpun pernah melihatnya?” Saya telah melihatnya. Yang lain bertanya, “Bagaimana kita tahu ada Surga saat tidak ada seorangpun pernah melihatnya?” Saya pernah, dan saya yakin bahwa banyak lainnya yang hidup sekarang pernah melihatnya juga. Surga itu mengagumkan,7 dan Neraka lebih mengerikan daripada yang dapat dibayangkan atau dijelaskan oleh siapapun.8 Tidak ada kata-kata yang memadai dalam bahasa apapun untuk menjelaskan betapa mengerikannya Neraka dan betapa mengagumkannya Surga itu (1 Korintus 2:9). Ini alasan SANG PENCIPTA berkata pada kita dalam 2 Timotius 2:3-4, “Ikutlah menderita sebagai seorang prajurit yang baik dari KRISTUS YESUS. Seorang prajurit yang sedang berjuang tidak memusingkan dirinya dengan soal-soal penghidupannya, supaya dengan demikian ia berkenan kepada komandan-NYA.”

Keadaannya buruk dan semakin buruk di dunia ini, namun dibandingkan dengan Neraka, ini hanya merupakan sebuah piknik. Satu hal yang paling bodoh yang dapat Anda lakukan adalah melakukan bunuh diri. Beberapa dari kita mengalami kesulitan karena pendirian kita pada SANG PENCIPTA, bagi FIRMAN SANG PENCIPTA, namun miliaran lainnya mengalami kesulitan karena mereka dikuasai oleh kebencian, agama palsu, atau karena nafsu daging mereka, nafsu mata mereka, dan kebanggaan hidup mereka (1 Yohanes 2:16). SANG PENCIPTA tidak akan mengijinkan kita memiliki doktrin pribadi dan melakukan kehendak kita sendiri tanpa membayar harganya.9

Ibrani 12:5-7 dan 9 menyatakan, “Dan sudah lupakah kamu akan nasihat yang berbicara kepada kamu seperti kepada anak-anak: “Hai anakku, janganlah anggap enteng didikan TUHAN, dan janganlah putus asa apabila engkau diperingatkan-NYA: karena TUHAN menghajar orang yang dikasihi-NYA, dan IA menyesah orang yang diakui-NYA sebagai anak. Jika kamu harus menanggung ganjaran; SANG PENCIPTA memperlakukan kamu seperti anak. Di manakah terdapat anak yang tidak dihajar oleh BAPA-nya?...Selanjutnya: dari ayah kita yang sebenarnya kita beroleh ganjaran, dan mereka kita hormati; kalau demikian bukankah kita harus lebih taat kepada BAPA segala roh, supaya kita boleh hidup?”

Ibrani 12:13-15 menyatakan, “dan luruskanlah jalan bagi kakimu, sehingga yang pincang jangan terpelecok, tetapi menjadi sembuh. … Hidup damai dengan semua orang dan kejarlah kekudusan, sebab tanpa kekudusan tidak seorangpun akan melihat TUHAN: Jagalah supaya jangan ada seorangpun menjauhkan diri dari kasih karunia SANG PENCIPTA; agar jangan tumbuh akar yang pahit yang menimbulkan kerusuhan dan yang mencemarkan banyak orang.”

Banyak sekali orang dicemarkan dan dipenuhi dengan kepahitan. Ini karena SANG PENCIPTA mengijinkan Setan menyiksa orang-orang fasik dengan harapan mereka akan dibawa kepada pertobatan.10 Ingatlah, SANG PENCIPTA mengijinkan hal ini karena IA mengasihi kita dan ingin kita bertobat dari ketidak-taatan kepada-NYA supaya kita dapat masuk Surga, dan bukan Neraka.11

Hanya ada dua jalan orang dapat menjalaninya ini. Satunya adalah marah kepada SANG PENCIPTA, menjadi pahit dan menyalahkan-NYA, dan satunya lagi adalah bertobat, meminta SANG PENCIPTA untuk mengampuni kita dan menghindarkan kita dari siksaan yang SANG PENCIPTA ijinkan iblis berikan kepada kita.

Wahyu 9:3-6 berkata, “Dan dari asap itu berkeluaranlah belalang-belalang ke atas bumi dan kepada mereka diberikan kuasa sama seperti kuasa kalajengking-kalajeng di bumi. Dan kepada mereka dipesankan, supaya mereka jangan merusakkan rumput-rumput di bumi atau tumbuh-tumbuhan ataupun pohon-pohon, melainkan hanya manusia yang tidak memakai meterai SANG PENCIPTA di dahinya. Dan mereka diperkenankan bukan untuk membunuh manusia, melainkan hanya untuk menyiksa mereka lima bulan lamanya, dan siksaan itu seperti siksaan kalajengking, apabila ia menyengat manusia. Dan pada masa itu orang-orang akan mencari maut, tetapi mereka tidak akan menemukannya, dan mereka akan ingin mati, tetapi maut lari dari mereka.” Ayat 10 berkata, “Dan ekor mereka (belalang) sama seperti kalajengking dan ada sengatnya, dan di dalam ekor mereka itu terdapat kuasa mereka untuk menyakiti manusia, lima bulan lamanya.”

Sangat menyiksa bagiku sebagai anak kecil untuk menerima cambukan dengan tongkat hickory. Ini adalah siksaan pada saat itu, tetapi jika orang tua Kristen-mu mencintai Anda, mereka akan mencambuk Anda saat Anda memerlukannya karena mereka tidak ingin Anda masuk Neraka.12 Wahyu 9:6 menceritakan mereka yang berdoa untuk mati karena mereka disiksa sedemikian rupa, namun tidak menemui maut. Pikirkan saja bagaimana mengerikannya untuk berada di Neraka saat jiwa-jiwa orang yang berdoa untuk pingsan atau mati, meskipun mereka tahu kebenarannya bahwa mereka tidak akan pernah dapat pingsan atau mati. Siksaan di sana tidak akan hanya miliaran kali, namun triliunan kali lebih buruk dari seluruh siksaan di dunia ini jika digabungkan.

Jadi, apa yang dapat kita lakukan tentang ini? Jelas kita tidak dapat mengeluh tentang ini. Perhitungkan berkat Anda bahwa Anda masih hidup, bukan di Neraka, dan masih mampu bertobat. Perhitungkan banyaknya berkat Anda. Perhitungkan mereka satu per satu, dan Anda akan ditakjubkan pada apa yang telah TUHAN perbuat.13

Untuk terlahir lagi dari ROH, panjatkan doa ini, lalu pelajari FIRMAN SANG PENCIPTA (KJV), dan layani SANG PENCIPTA dengan segenap hati, jiwa, pikiran dan kekuatan Anda.

Prayer

TUHAN KU dan SANG PENCIPTA, kasihanilah jiwaku, aku seorang pendosa.1 Aku percaya bahwa YESUS KRISTUS adalah PUTERA SANG PENCIPTA yang HIDUP. 2 Aku percaya bahwa DIA telah mati di kayu salib dan menumpahkan DARAH-NYA yang kudus untuk pengampunan semua dosa masa laluku.3 Aku percaya bahwa SANG PENCIPTA membangkitkan YESUS dari kematian dengan kuasa ROH KUDUS,4 dan bahwa IA sekarang duduk di sebelah kanan SANG PENCIPTA dan pada saat ini juga mende-ngarkan pengakuan dosaku dan doa ini.5 Aku membuka pintu hatiku, dan aku mengundang ENGKAU masuk ke hatiku, TUHAN YESUS.6 Bersihkanlah semua dosa yang me-ngotoriku dengan dan dalam darah yang maha kudus yang ENGKAU TUMPAHKAN di kayu salib di Kalvari sebagai silih atas dosaku.7 ENGKAU tidak akan menolak aku, TUHAN YESUS; ENGKAU akan mengampuni dosa-dosaku dan menyelamatkan jiwaku. Aku tahu itu karena FIRMAN-MU, di dalam Alkitab mengatakan demikian.8 FIRMAN-MU me-ngatakan bahwa ENGKAU tidak akan menolak seorang pun, dan tentunya termasuk diriku.9 Oleh karena itu, aku tahu bahwa ENGKAU sudah mendengarkan aku, dan aku tahu bahwa ENGKAU sudah menjawab doaku, dan aku tahu bahwa aku telah diselamatkan.10 Dan aku berterima kasih KEPADA-MU, TUHAN YESUS, karena ENGKAU telah menyelamatkan jiwaku, dan aku akan menunjukkan rasa terima kasihku dengan melakukan sebagaimana yang ENGKAU perintahkan dan tidak akan berbuat dosa lagi.11

Kini Anda telah diselamatkan, maka layani-lah  SANG PENCIPTA dengan segenap hati, segenap jiwa, segenap akal budi, dan segenap kekuatan (Mrk. 12:30).12  Setelah penyelamatan, YESUS berkata berilah baptislah dirimu, basuhlah dirimu di dalam air, dalam nama BAPA, dan PUTERA, dan ROH KUDUS.13 Pelajarilah dengan rajin Alkitab KJV (Terjemahan Baru), dan lakukan apa yang dikatakannya hingga ajal menjemput.14

Lalu, seperti perintah YESUS, jadilah pemenang jiwa. Anda bisa melakukannya dengan menjadi distributor bacaan karya Pendeta Alamo. Kami mencetak bacaan karya Pendeta Alamo dalam berbagai bahasa, dan kami mengirimkannya ke seluruh dunia secara gratis. Kami mengeluarkan jutaan dolar untuk pembelian kertas dan pengiriman, jadi, kami mohon dukungan doa dan finansial Anda.

Jika Anda menginginkan dunia diselamatkan, sebagaimana diperintahkan YESUS, maka jangan merampas apa yang menjadi HAK SANG PENCIPTA, perpuluhan dan persembahan. SANG PENCIPTA berkata, “Akankah manusia merampas hak SANG PENCIPTA? Namun kamu telah merampas AKU. Tetapi Anda akan mengatakan, Di mana dan kapan kami merampas ENGKAU? Dalam hal perpuluhan dan persembahan. Kamu telah kena kutuk, tetapi kamu masih menipu Aku, ya kamu seluruh bangsa [dan seluruh dunia ini]! Bawalah seluruh persembahan perpuluhan [‘persepuluhan’ adalah 10% dari pendapatan kotor Anda] itu ke dalam rumah perbendaharaan, supaya ada persediaan makanan [makanan Rohani] di RUMAH-KU [jiwa-jiwa yang diselamatkan], dan ujilah AKU, firman TUHAN SEMESTA ALAM, apakah Aku tidak membukakan bagimu tingkap-tingkap Langit dan mencurahkan berkat kepadamu sampai berkelimpahan. Aku akan menghardik bagimu belalang pelahap, supaya jangan dihabisinya hasil tanahmu dan supaya jangan pohon anggur di padang tidak berbuah bagimu, firman TUHAN SEMESTA ALAM. Maka segala bangsa akan menyebut kamu berbahagia, sebab kamu ini akan menjadi negeri kesukaan, firman TUHAN SEMESTA ALAM” (Maleakhi 3:8-12).


Indonesian Alamo Literature

Silakan menghubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan bahan bacaan mengenai topik lain yang mungkin akan menarik bagi Anda.

Tony Alamo, World Pastor
Tony Alamo Christian Ministries Worldwide
P. O. Box 2948
Hollywood, CA 90078

Saluran doa dan informasi dua puluh empat jam penuh: (661) 252-5686
FAX (661) 252-4362

Tony Alamo Christian Ministries Worldwide menyediakan tempat tinggal lengkap dengan semua keperluan selama tinggal di AS bagi mereka yang sungguh-sungguh ingin melayani TUHAN dengan segenap hati, jiwa, pikiran, dan kekuatan mereka.

Kebaktian diadakan di New York City setiap hari Selasa pukul 8 malam dan di lokasi-lokasi lain setiap malam.
Silakan menghubungi (908) 937-5723 untuk mendapatkan informasi. 

DISEDIAKAN MAKAN SEUSAI SETIAP KEBAKTIAN.

Mintalah buku Pastor Alamo, The Messiah, yang membahas tentang KRISTUS dari Perjanjian Lama yang dinyatakan dalam lebih dari 333 nubuat.

Jadilah penuai panen jiwa-jiwa dengan menjadi distributor bahan bacaan literatur dari Pastor Alamo.
Semua bahan bacaan literatur dan pesan audio kami bersifat gratis, termasuk pengiriman.
Jika ada seseorang yang mencoba mengenakan biaya kepada Anda, mohon menelepon kami di (661) 252-5686 collect.

BAHAN BACAAN LITERATUR INI BERISI TENTANG RENCANA KESELAMATAN YANG SESUNGGUHNYA (Kis. 4:12).
MOHON JANGAN MEMBUANGNYA, BERIKAN KEPADA ORANG LAIN.

Bagi mereka yang tinggal di negara-negara lain, kami mendorong Anda untuk menerjemahkan bahan bacaan ini
ke dalam bahasa Anda. Jika Anda mencetak ulang, mohon disertakan hak cipta dan pendaftaran ini:

© Hak cipta Oktober 2012  Hak cipta dilindungi undang-undang Pendeta Dunia Tony Alamo  ® Terdaftar Oktober 2012
INDONESIAN—VOLUME 16600 —SUICIDE IS SIN


footnotes:

1. Yes. 53:10-12, Kis. 20:28, 1 Kor. 3:16-17, 6:19-20, 7:23, Ibr. 9:12, 13:12, 1 Ptr. 1:18-19, Why. 5:9-10 return

2. Kel. 20:13, Ams. 24:12, Yeh. 18:4, Dan. 7:9-10, Mat. 16:27, 19:16-18, Kis. 10:42, 17:31, Rm. 2:4-16, 14:10-12, 2 Kor. 5:10, Gal. 6:7, Ibr. 10:30-31, Yud. 14-15, Why. 2:23, 11:18, 20:12-13 return

3. Yes. 24:17-23, Zef. 1:14-18, 3:8, Mal. 4:1, Mat. psl. 24, 2 Ptr. 3:7, 10-12 return

4. Mzm. 22:12-18, Yes. 53:3-12, Kis. 5:30-32, 13:38-39, Rm. 5:6-11, 1 Kor. 15:3-8, Ef. 1:3-12, Kol. 1:12-14, 1 Tes. 5:9-10, Ibr. 2:9-10, 9:11-15, 1 Ptr. 1:18-21, 2:21-25, 1 Yoh. 2:2, Why. 1:5 return

5. Yoh. 3:14-18, Rm. 3:21-26, 2 Kor. 5:17-21, Ibr. 4:14-15 return

6. Ef. 4:7-10, 1 Ptr. 3:18-20 return

7. Mzm. 31:19, Yes. 64:4, 65:17-19, Mat. 5:10-12, Yoh. 14:2-4, Rm. 8:16-23, 1 Kor. 2:9, 2 Kor. 5:1, 1 Ptr. 1:3-5, 2 Ptr. 3:13-14, Why. 7:15-17, 21:1-5, 9-27, 22:1-5 return

8. Ula. 32:21-22, Mzm. 9:17, Ams. 9:13-18, 15:11, 24, 23:13-14, Yes. 5:11-15, 14:4-20, 28:15-18, 33:10-14, Yeh. 31:15-18, 32:17-32, Mat. 5:21-22, 29-30, 7:13, 8:12, 10:28, 13:36-42, 47-50, 18:6-9, 22:8-13, 23:33, 24:44-51, 25:14-46, Luk. 3:17, 13:24-28, 16:19-28, 2 Tes. 1:6-9, Ibr. 6:4-8, 2 Ptr. 2:1-9, Yud. 5-7, 12-13, Why. 14:9-11, 19:20, 20:10-15, 21:8 return

9. Mzm. 34:15-16, Mat. 7:13-19, 2 Ptr. 2:1-6, 9-22, Yud. 3-7, 14-15, Why. 20:11-15 return

10. Ima. 26:13-46, Ula. 8:2-5, Mzm. 94:12-13, Hos. 5:15, Rm. 2:4-11, 1 Kor. 11:32, 2 Kor. 7:9-11 return

11. 2 Sam. 7:14-15, Ams. 13:24, 19:18, 22:6, 15, 23:13-14, 29:15, 17, Ibr. 12:5-11, Why. 3:19 return

12. 2 Sam. 7:14-15, Ams. 13:24, 19:18, 22:6, 15, 23:13-24, 29:15, 17, Ibr. 12:5-11, Why. 3:19 return

13. Mzm. 68:19, 103:2-18, Ef. 1:3-12, Kol. 3:15 return


Prayer footnotes:

1. Psa. 51:5, Rom. 3:10-12, 23 return

2. Matt. 26:63-64, 27:54, Luke 1:30-33, John 9:35-37, Rom. 1:3-4 return

3. Acts 4:12, 20:28, Rom. 3:25, I John 1:7, Rev. 5:9 return

4. Psa. 16:9-10, Matt. 28:5-7, Mark 16:9, 12, 14, John 2:19, 21, 10:17-18, 11:25, Acts 2:24, 3:15, Rom. 8:11, I Cor. 15:3-7 return

5. Luke 22:69, Acts 2:25-36, Heb. 10:12-13 return

6. I Cor. 3:16, Rev. 3:20 return

7. Eph. 2:13-22, Heb. 9:22, 13:12, 20-21, I John 1:7, Rev. 1:5, 7:14 return

8. Matt. 26:28, Acts 2:21, 4:12, Eph. 1:7, Col. 1:14 return

9. Matt. 21:22, John 6:35, 37-40, Rom. 10:13 return

10. Heb. 11:6 return

11. John 5:14, 8:11, Rom. 6:4, I Cor. 15:10, Rev. 7:14, 22:14 return

12. Ula. 4:29, 6:5, 10:12, 11:13, 13:3-4, 26:16, 30:6, Yos. 22:5, Mat. 22:37-40, Mrk. 12:29-31, Luk. 10:27   return

13. Mat. 28:18-20, Yoh. 3:5, Kis. 2:38, 19:3-5   return

14. Ula. 4:29, 13:4, 26:16, Yos. 1:8, 22:5, 2 Tim. 2:15, 3:14-17, Yak. 1:22-25, Why. 3:18 return